Empat Kunci Menuju Kesuksesan

Kita pasti pernah mengalami kegagalan dalam menggapai apa yang kita inginkan. Berbagai upaya pun kita lakukan dengan segenap jiwa dan dan raga, namun terkadang kenyataan tidak selalu seperti yang kita harapkan. Paling tidak, dengan berbagai pengalaman yang pernah kita lalui, bisa dijadikan sebagai pelajaran hidup yang sangat berharga dimasa yang akan datang.

Tidak semua orang bisa hidup sukses, dalam artian mereka selalu berhasil menggapai cita-citanya. Namun, tidak sedikit orang yang sudah berhasil menggapai cita-citanya. Oleh karena itu, kita tidak perlu merasa putus asa dalam berjuang menentukan apa yang kita inginkan.

Sebenarnya, ada empat kata kunci dasar dalam menggapai kesuksesan dalam hidup kita. Kata kunci sukses ini mungkin pernah kita laksanakan tanpa kita sadari. Namun demikian, sangat sedikit yang bisa melakukan keempat kata kunci ini. Jadi, apa keempat kata kunci tersebut? Keempat kata kunci menuju kesuksesan tersebut akan saya jelaskan dibawah ini.

Sabar
Mungkin sikap sabar ini sulit untuk kita wujudkan. Bagaimanapun juga sikap sabar perlu kita tanamkan pada diri kita. Seberat apapun yang kita hadapi, seberat apapun cobaan yang kita hadapi, dan se dahsyat apapun tantangan yang kita hadapi, kita harus selalu sabar dalam menghadapinya. Mungkin saat kita menjadi seorang pelajar, sikap ini perlu kita tanam sejak dini. Begitu juga ketika kita sedang mencari kerja, pasti kita harus selalu sabar untuk mencarinya. Tidak menutup kemungkinan ketika kita kerja kita juga harus selalu bersabar bilamana kita menghadapi tugas yang sangat berat.

Kesempatan
Jarang orang dapat memperoleh kesempatan. Namun, banyak orang yang kurang begitu optimal memanfaatkan kesempatan yang datang padanya. Mungkin kita pernah dengar ada ungkapan yang mengatakan bahwa "kesempatan hanya datang satu kali". Itu artinya bahwa kesempatan ibarat emas yang ada didepan mata kita yang siap akan kita ambil, namun emas itu belum sepenuhnya menjadi milik kita. Oleh karena itu, bagi anda yang merasa pelajar, gunakanlah waktu anda semaksimal mungkin untuk belajar, karena tidak setiap orang bisa mengenyam pendidikan. Bagi anda yang sudah bekerja, tentunya anda perlu bersyukur dan selalu meningkatkan etos kerja anda, karena masih banyak orang yang menganggur dan mungkin mereka sangat menginginkan pekerjaan seperti anda. Jadi, gunakanlah kesempatan anda saat ini sebaik mungkin.

Kerja Keras/Tekun
Stop bermalas-malasan. Karena malas pangkal bodoh. Bahkan guru saya pernah mengatakan bahwa di dunia ini tidak ada orang yang bodoh, melainkan bahwa orang bodoh adalah orang yang malas. So, buang jauh-jauh sikap malas tersebut. Sudah saatnya kita bekerja keras dan tekun dalam menghadapi segala hal. Karena dengan tekun dan kerja keras akan membuahkan hasil yang memuaskan dibanding dengan yang malas-malasan. 

Relasi
Relasi atau hubungan ini sering kita lupakan eksistensinya, padahal relasi itu sangat penting. Mungkin untuk membangun relasi agak begitu sulit, karena kita harus seling kenal dan saling percaya satu sama lain. Namun, apabila kita mau untuk berusaha saya yakin itu tidak sulit, asalkan kita bisa ramah dalam bergaul. Lebih-lebih bagi calon tenaga kerja atau para pencari kerja, relasi sangat dibutuhkan. Karena dengan relasi kita akan mudah untuk memperoleh pekerjaan. Oleh karena itu, sebaiknya relasi itu kita bangun semenjak kita mengenyam pendidikan.

Demikian empat kata kunci menuju kesuksesan yang bisa saya informasikan untuk anda sekalian. Harapan saya semoga dapat memotivasi anda dan dapat memacu kinerja anda dalam menghadapi segala hal. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment