Motivasi Kuliah di Perguruan Tinggi

Image by asalasah.blogspot.com
Kenapa anda ingin kuliah di Perguruan Tinggi (PT)? Itulah pertanyaan awal yang harus anda jawab ketika anda akan mendaftar kuliah di PT. Tentu, ada beragam jawaban dari anda yang melatarbelakangi keinginan untuk menuntut ilmu atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Apapun tujuan anda, itu harus disikapi dengan sikap yang dinamis dan penuh tanggung jawab. Hal itu dikarenakan untuk melanjutkan studi, itu butuh sebuah pengorbanan yang tidak sedikit.

Pengorbanan yang mungkin bisa anda tanggung meliputi finansial, waktu, tenaga, dan pikiran. Oleh karena itu, sebelum anda melangkah lebih jauh tentang keinginan untuk kuliah, perlu anda pikirkan terlebih dahulu, apa motivasi anda sebenarnya? Dengan adanya sebuah motivasi dari anda, paling-tidak ada sebuah proyeksi ke depan nantinya akan seperti apa? dan bagaimana? serta langkah apa yang tepat untuk diambil?

Berikut adalah beberapa motivasi kuliah dari sebagian besar siswa pelajar indonesia ketika ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Berikut adalah uraiannya.

Ingin menuntut ilmu
Memang benar, kuliah adalah untuk mencari ilmu. Tentu, ilmu yang sesuai dengan minat dan bakat yang menjadi pilihannya. Apabila motivasi anda seperti ini, anda harus bersungguh-sungguh ketika hendak mendaftar kuliah atau ketika mengikuti test masuk di perguruan tinggi. Dengan begitu maka anda akan bisa masuk sesuai dengan program studi pilihan anda.

Setelah anda masuk dan sudah menjadi mahasiswa, anda juga harus mengimplementasikan motivasi anda, yakni ingin serius menuntut ilmu. Jangan berfikiran macam-macam! Tetap fokus pada pendirian. Inilah motivasi yang tepat menurut saya. Karena apabila ilmu sudah anda peroleh, maka pekerjaan nantinya bisa mengikuti anda dengan sendirinya.

Ingin memperoleh pekerjaan yang layak
Tidak sedikit juga ekspektasi siswa ketika akan melanjutkan studi mempunyai motivasi ingin memperoleh pekerjaan yang memadai setelah mereka lulus nanti dari perguruan tinggi. Menurut penulis, ini juga penting sebagai upaya penyemangat dalam kuliah. Namun, nampaknya terlalu dini, karena akan mengganggu aktivitas anda dalam belajar.

Tuntutan orang tua
Ada juga orang tua yang menuntut anaknya harus kuliah. Karena dengan belajar kuliah di kampus maka harapannya bisa mempunyai wawasan yang tinggi serta bisa memperoleh pekerjaan yang layak ketika lulus nanti. Hal itu menurut penulis sangat wajar, karena orang tua ingin anaknya menjadi yang terbaik. Namun, alangkah baiknya jika dalam pemilihan program studi itu hendaknya diberi kebebasan, sehingga sang anak bisa menentukan jurusan sesuai dengan pilihannya.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang beberapa Motivasi Kuliah di Perguruan Tinggi. Semoga dapat bermanfaat.

2 komentar:

Hariyanto Wijoyo said...

masih suasana lebaran khan,
jadi nggak apa2 kan kalo aku mohon dimaaafkan lahir batin kalau aku ada salah dan khilaf selama ini,
back to zero again...sambil lirik kiri kanan nyari ketupat....salam :-)

zunif.com said...

Ok sama-sama Pak Hariyanto :)

Post a Comment